Assalamu'alaikum . . Sugeng Rawuh Dateng Blog'e Cah Santri

Ilmu Yang Mencahayai

Ilmu Yang Mencahayai

Oleh : KH. Abdulah Gymnastiar


ManajemenQolbu.Com : Alhamdulillaahirabbil'aalamiin, Allahuma shalli 'ala Muhammad wa'ala aalihi washahbihii ajmai'iin. Saudaraku yang baik, apa yang harus kita lakukan agar ilmu bermanfaat ? Bagaimanakah agar ilmu dapat mencahayai ? Dalam kitabnya Al-Hikam, Ibnu Atho'illah menuliskan " Ilmu yang berguna ( bermanfaat ) itu ialah ilmu yang dapat menjadikan orang mengenal Allah beserta sifat dan asma-Nya." Sebagaimana keterangan yang terdapat dalam Al-Quran " Sesungguhnya yang takut diantara hamba-hamba-Nya hanyalah ulama " ( orang-orang alim Q.S Fathir 41 : 28 ).

Sahabat ketahuilah untuk benar-benar merasa takut kepada Allah, untuk mencapai derajat ma'rifat seseorang tidak harus selamanya berilmu banyak. Karena setiap orang berbeda-beda. Maka tidak usah merasa rendah dari dengan ilmu yang sedikit.

Kalau kita bertanya, apakah mungkin kita yang berilmu sangat sedikit ini akan mencapai derajat ma'rifat ? Jawabannya mengapa tidak. Karena sesungguhnya setiap orang hanya dikaruniai ilmu yang tidak terhingga hanya milik Allah semata.

Orang yang tulus ikhlas dengan ilmunya walau hanya bekerja sebagai guru TK misalnya, ia tidak akan takut disebut bodoh karena ia sadar dan yakin bahwa ilmunya yang sedikit itupun semata-mata karunia dari Allah dan merupakan amanah untuk disampaikan kepada orang lain. Maka ia akan menjadikan ilmu yang sedikit itu sebagai bekal untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Karenanya sangat bergantung orang yang dikaruniai ilmu dan mengajarkannya kepada orang lain dengan tulus ikhlas. Karena justru dengan ketulusan dan keikhlasannya lah suatu ilmu dapat mencahayai baik kepada dirinya maupun kepada orang lain yang diajarinya.

Sahabat, ingatlah ilmu yang tidak diamalkan ibarat pohon yang tidak berbuah. Maka marilah kita menjadikan diri ini berkeinginan untuk dapat menyampaikan ilmu, walaupun sedikit. Dan cara menyampaikannya dengan cara yang terbaik disertai keinginan kuat agar orang lain bisa selamat. Wallahu a'lam

0 komentar:

Posting Komentar