Assalamu'alaikum . . Sugeng Rawuh Dateng Blog'e Cah Santri

Bersabar ketika sakit.

Bersabar ketika sakit.


Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu dengan sedikit kesakitan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah mereka mengucapkan, Innalillahi wa Inna ilaihi raaji?uun?. (Q.S Al-Baqarah 155-156.)

ManajemenQolbu.Com : Alhamdulillaahirabbil'aalamiin, Allahuma shalli 'ala Muhammad wa'ala aalihi washahbihii ajmai'iin. Saudaraku yang budiman, ujian musibah pasti akan selalu hadir melingkupi kehidupan kita didunia ini, termasuk salah-satunya adalah musibah dikala sakit. Dengan bersabar menghadapi ujian itu, sesungguhnya kita tengah membuka pintu pertolongan Allah.

Supaya besabar betul-betul akan meringankan derita kita dikala sakit, ada beberapa kiat yang dapat kita lakukan antara lain pertama berkhusnudzon atau berbaik sangka kepada Allah. Tubuh ini bukanlah milik kita, tapi milik Allah yang menciptakan kita. Jika ia menghendaki sesuatu menimpa tubuh kita, apalah daya kita, kita tidak sanggup berbuat apa-apa untuk menolaknya. Namun, kita tetap yakin akan pertolongan Allah, bukankah dia tidak akan pernah membebani hambanya dengan ujian yang kita tidak mampu memikulnya.

Kedua, bersabar untuk tidak mengeluh, tidak mengadukan penderitaan kita kepada orang lain, apalagi mendramatisirnya hingga orang lain yang mendengarnya menjadi begutu kasihan kepada kita. Lebih baik kita merenungkan hikmah dibalik ujian sakit tersebut, bisa jadi karena selama ini kita kurang mensyukuri nikmat sehat yang diberikan Allah. Selanjutnya ketiga berikhtiar berusaha menyembuhkan penyakit. Selain itu, sebetulnya sakitpun adalah bagian dari penggugur dosa kita, tentu saja jika kita ikhlas menerimanya, Insya Allah.  Wallahu'alam.

0 komentar:

Posting Komentar