Assalamu'alaikum . . Sugeng Rawuh Dateng Blog'e Cah Santri

Rumah Yang Berkah

Rumah Yang Berkah


Oleh KH Abdullah Gymnastiar

ManajemenQolbu.Com : Alhamdulillaahirabbil'aalamiin, Allahuma shalli 'ala Muhammad wa'ala aalihi washahbihii ajmai'iin. Saudaraku yang budiman, mempunyai rumah merupakan dambaan setiap orang. Mengapa rumah ? Karena rumah diharapkan akan memberi ketenangan, kesejukan dan kebahagiaan hidup bagi penghuninnya. Sehingga tidak heran orang berusaha dengan berbagai cara untuk mendapatkannya, serta melengkapinya dengan berbagai fasilitas, seperti ruangan berlantaikan marmer, permadani termahal, ruangan ber AC, dan kendaraan berbagai merk.

Kenyataannya tidak sedikit rumah dengan fasilitas yang lengkap tersebut dirasakan tidak nyaman, sumpek dan panas oleh penghuninya. Bila kita mendapatkan keadaan rumah seperti itu, berarti rumah tersebut tidak membawa berkah. Kita harus curiga, sebab bisa jadi di dalamnya banyak hal-hal yang tidak disukai oleh Allah Swt.

Mulailah perhatikan hal-hal yang awalnya dianggap sepele. Seperti masalah gaji  pembantu yang setiap hari meladeni kita dengan penuh pengabdian, mungkin dibayar tak menentu, telat, bahkan dengan jumlah yang sangat jauh dari setandar. Berhati-hatilah atas  keringat mereka. Bila ingin berkah segerakan membayar haknya.

Dalam menghiasi rumah. Kita harus berhati-hati jangn sampai kita menyenangi barang yang tidak disukai Allah. Misalnya patung, gambar-gambar hidup atau barang lain yang membuat kita takabur, karena semua itu termasuk yang tidak disukai oleh Allah. Rasululah SAW memberi nasihat ? Hiasilah rumahmu dengan alunan bacaan Al-Qur?an ? .

Karena dengan kalam-Nya, hati orang beriman akan bergetar dan tergerak mendekati Allah. Kemudian jamulah tamu yang datang semaksimal mungkin. Iangatlah, dengan memuliakan tamu, Allah akan memuliakannya. Rumah yang berkah adalah rumah yang sering dikunjungi tamu. Agar rumah kita membawa berkah, kita harus sadar bahwa rumah adalah titipan Allah.  Wallahu'alam

0 komentar:

Posting Komentar